Senin, 09 Juni 2014

Sensor Ultrasonik



Sensor ultrasonik merupakan sensor yang bekerja dengan cara memancarkan suatu gelombang dan kemudian menghitung waktu pantulan gelombang tersebut.Gelombang ultrasonik bekerja pada frekuensi mulai 20 kHz hingga sekitar 20 MHz. Frekuensi kerja yang digunakan dalam gelombang ultrasonik bervariasi tergantung pada medium yang dilalui, mulai dari kerapatan rendah pada fasa gas, cair hingga padat.
Prinsip kerja dari sensor ultrasonik adalah sebagai berikut :
1.     Sinyal dipancarkan oleh pemancar ultrasonik. Sinyal tersebut berfrekuensi diatas 20kHz, biasanya yang digunakan untuk mengukur jarak benda adalah 40kHz. Sinyal tersebut di bangkitkan oleh rangkaian pemancar ultrasonik.
2.     Sinyal yang dipancarkan tersebut kemudian akan merambat sebagai sinyal / gelombang bunyi dengan kecepatan bunyi yang berkisar 340 m/s. Sinyal tersebut kemudian akan dipantulkan dan akan diterima kembali oleh bagian penerima Ultrasonik.
3.     Setelah sinyal tersebut sampai di penerima ultrasonik, kemudian sinyal tersebut akan diproses untuk menghitung jaraknya. Jarak dihitung berdasarkan rumus :
S = 340.t/2

dimana S adalah jarak antara sensor ultrasonik dengan bidang pantul, dan t adalah selisih waktu antara pemancaran gelombang ultrasonik sampai diterima kembali oleh bagian penerima ultrasonik.

Aplikasi dari sensor ultrasonik digunakan untuk menghitung jarak dari suatu objek yang berada didepan sensor tersebut. Sehingga dengan fungsinya tersebut, sensor ultrasonik biasa digunakan pada perangkat yang membutuhkan perhitungan jarak. Contoh Aplikasi : smart robot, Kapal laut, kapal selam, dll.
WL700 ULTRASONIC WATER LEVEL SENSOR
Berikut adalah salah satu gambar dari sensor ultrasonik:


WL700 ULTRASONIC WATER LEVEL SENSOR
 

Salah satu peggunaan Sensor ultrasonik biasa digunakan untuk mengukur kedalam air seperti sungai, danau dan kolam, atau bisa juga digunakan dibidang industri seperti pengukuran kedalaman kolam limbah.


Ide baru saya:

ALAT PENDETEKSI KEBERADAAN IKAN DI LAUT PADA KEDALAMAN YANG TEPAT
 
Alat ini sangat berguna bagi orang yang suka memancing, terlebih bagi para nelayan. Seperti yang kita tahu, ikan sangat suka menggerombol, Nah alat ini difungsikan untuk mendeteksi keberadaan ikan-ikan itu, bukan hanya pada keberadaannya tapi juga di titik kedalaman mana ikan banyak berada. Alat ini sangat berguna untuk para nelayan kita agar tidak lagi membuang buang waktu di tengah laut. Kan kasihan yaa, ngapain ditengah laut sendirian, saya pikir lebih bijaksana seandainya kita lebih memikirkan waktu bagi sang nelayan.  Time is money= waktu itu uang, ada juga yang bilang waktu itu pedang. Intinya Nikmati waktu selagi masih ada dan hargai waktumu yang masih tersisa :) 


Prinsip Kerja alat: Sensor dipasang pada Transducer yang sudah dibungkus oleh anti air, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi konsleting ketika berada didalam laut. Transducer mengkonversi tegangan listrik kedalam gelombang ultrasonik. Dalam hal ini Transducer berfungsi sebagai pengirim. Sinyal listrik pada Transducer diubah kedalam getaran mekanik yang dipancarkan kedalam air sebagai gelombang Ultrasonik. Saat melewati medium air, ketika sensor ultrasonik itu menabrak dua batas medium yang berbeda, yaitu antara air laut dan ikan, maka sebagian gelombang ultrasonik akan dipantulkan kembali ke sumber asalnya, yaitu Transducer. Dalam hal ini Transducer dimaksudkan sebagai penerima. Lalu transducer akan mengubah gelombang ultrasonik menjadi sinyal listrik, dan sinyal akan dikirimkan ke sebuah alat berupa monitor yang sudah dipegang oleh para nelayan. Dengan begitu, dimonitor akan ditampilkan dimana tempat yang banyak ikan berikut lengkap dengan keberadaan serta kedalamannya.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar