Sabtu, 21 Juni 2014

SENSOR KECEPATAN



Proses penginderaan sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor, dimana suatu poros/object yang berputar pada suatu generator akan menghasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran object. Kecepatan putar sering pula diukur dengan menggunakan sensor yang mengindera pulsa magnetis (induksi) yang timbul saat medan magnetis terjadi.

Contoh Aplikasi:

Rotary Encoder
rotary encoder digunakan sebagai sensor pengukur kecepatan pada sebuah motor. Berikut adalah gambar desain mekanik dari sebuah rotary encoder:
 

Prinsip Kerja:
Prinsip kerja dari sensor ini adalah sebagai berikut saat rangkaian sumber cahaya diberikan VCC 5 Volt dan menghasilkan cahaya, cahaya masuk pada photodioda tidak terhalangi maka akan menghasilkan tegangan sekitar 5 V dan begitu juga sebaliknya saat terhalangi maka akan menghasilkan tegangan sekitar 0 V. Dimana tegangan menjadi inputan untuk mikrokontroler.
Aplikasi Rotary Encoder sebagai sensor posisi digunakan pada Mouse Tipe Analog (Mouse yang Menggunakan Bola).

Ide pengembangan:

ALAT PENDETEKSI KECEPATAN KENDARAAN RODA 4 DENGAN TEKOLOGI ANDOROID

Sesuai judulnya, Alat pendeteksi kecepatan kendaraan dengan teknologi android ini adalah alat untuk mendeteksi kendaraan roda empat yang bisa dilihat oleh Aplikasi yang ada di Smartphone kita. Alat ini menggunakan bantuan dari satelit GPS untuk memantau keberadaan dan kecepatan mobil.
Cara kerja:
 
Sensor kecepatan di tempatkan pada poros penggerak kendaraan, hal ini untuk mengukur berapa kecepatan dari mobil tersebut. Sensor dihubungkan pada GPS, dan GPS yang akan mengirimkan keberadaan serta kecepatan dari mobil itu ke Android pengguna. Hal ini berguna terutama dengan pihak kepolisian ketika akan menangkap penjahat, polisi bisa mengetahui dengan mudah keberadaan serta kecepatan mobil dari penjahat yang sudah diincar.

Referensi:
http://bocah-cakil.blogspot.com/2011/07/rangkaian-sensor-kecepatan.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar