Sabtu, 21 Juni 2014

SENSOR MAGNET



Sensor Magnet atau disebut juga relai buluh, adalah alat yang akan terpengaruh medan magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran. Seperti layaknya saklar dua kondisi (on/off) yang digerakkan oleh adanya medan magnet di sekitarnya. Biasanya sensor ini dikemas dalam bentuk kemasan yang hampa dan bebas dari debu, kelembapan, asap ataupun uap.

Contoh Aplikasi:
Reed Switch adalah salah satu jenis sensor yang sering juga digunakan pada mesin-mesin industri seperti halnya sensor photo dan proximity sensor, namun reed mempunyai cara kerja yang berbeda dan unik dan juga mempunyai bentuk yang cukup kecil namun rentan terhadap benturan.
 

Rangkaian diatas menggunakan sensor magnet reed switch untuk menggerakkan LED. Pada rangkaian ini menggunakan prinsip pembagi tegangan antara kaki basis transistor.
Prinsip kerja rangkaian:
Jika pada reed switch didekati medan magnet maka hambatan kontak reed switch akan menghubung. Hal ini menyebabkan arus negatif masuk ke kaki transistor, maka transistor tidak akan mengantar arus. Pada saat reed switch dijauhkan dari medan magnet maka kontak reed switch akan membuka, maka arus listrik posistip akan masuk ke kaki basis. Transisotr akan mengalirkan arus negative yang akan menyalakan LED.

Ide pengembangan:

ALAT PEMBERSIH RUANGAN OTOMATIS

Alat ini menggunakan vacuum cleaner yang sudah dipasangi mikrokontroler. Cara kerja alat ini sama halnya dengan cara kerja Robot yang berjalan sesuai dengan jalur yang ditetapkan. Vacuum cleaner ini dilengkapi dengan pendeteksi jalur yang terbuat dari logam, jalur dibuat dari logam dengan alasan jika jalur dibuat dari warna yang berbeda sangat rentan warnanya akan berubah, mungkin disebabkan oeh debu, kotoran atau perubahan pencahayaan.  Vacuum cleaner akan bergerak otomatis membersihkan ruangan sesuai jalur yang sudah dibuat.
Dengan alat ini diharapkan akan membantu membersihkan ruangan yang besar, tanpa perlu adanya tenaga banyak orang untuk membantu.



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar