Kamis, 10 Juli 2014

SENSOR PROXIMITY

Sensor Proximity adalah alat pendeteksi yang bekerja berdasarkan jarak obyek dengan tanpa adanya kontak fisik terhadap sensor. Karakteristik dari sensor ini adalah mendeteksi obyek benda dengan jarak yang cukup dekat, berkisar antara 1 mm sampai beberapa centi meter saja sesuai type sensor yang digunakan. Proximity Switch ini mempunyai tegangan antara 10-30 VDC dan ada juga yang menggunakan tegangan 100-200VAC.

Proximity Sensor terbagi menjadi dua macam, yaitu:
•    Proximity Inductive
•    Proximity Capacitive

Proximity Inductive berfungsi untuk mendeteksi obyek besi/metal. Meskipun terhalang oleh benda non-metal, sensor akan tetap dapat mendeteksi selama dalam jarak (nilai) normal sensing atau jangkauannya. Jika sensor mendeteksi adanya besi di area sensingnya, maka kondisi output sensor akan berubah nilainya.

Proximity Capacitive akan mendeteksi semua obyek yang ada dalam jarak sensingnya baik metal maupun non-metal.

Contoh Aplikasi:
Sensor Proximity biasanya digunakan pada ponsel berlayar sentuh dan berada di bagian depan dengan dua lensa mirip kamera. Fungsi dari sensor ini yaitu saat menerima tepon atau melakukan panggilan telpon, Saat itu otomatis kita akan mendekatkan handphone ke telinga, pada saat itu secara otomatis fungsi touch-screen akan mati (juga layarnya) sehingga layar tidak akan merespon kalau terkena telinga atau bagian tubuh yang lain.

Gambaran sensor proximity pada ponsel touch-screen :


Referensi:
http://ramadroid.blogspot.com/2013/11/apa-itu-sensor-proximity.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar